Saturday, May 10, 2008

10 Pesawat Tempur Paling Legendaris

Berikut ini adalah daftar pesawat-pesawat tempur yang paling terkenal dan ditakuti pada masanya.

1.Three Wing Fokker: Pesawat ini adalah andalan para penerbang Jerman selama perang dunia pertama. Pesawat legendaris ini dipercaya mampu menyulap pilot yang biasa-biasa saja menjadi seorang Ace. Pesawat ini pulalah yang mengabadikan nama Baron von Richthofen sebagai the Red Baron, yang menghantui tentara sekutu hingga tahun 1918.
2. Mitsubishi Zero: Peswat fighter jarak jauh miliki Jepang ini didesain untuk memiliki kecepatan dan kemampuan manuver yang tinggi. Bodi alumuniumnya sangat ringan hingga mampu berkelok dan menukik lenih baik dibandingkan dengan pesawat-pesawat lain di era perang dunia kedua. Mitsubishi Zero adalah senjata pamungkas para pilot kamikaze, skuadron bunuh diri Jepang.
3. Messerschmitt: Messerschmitt adalah senjata andalan Jerman dalam pertempuran-pertempuran terbesar selama perang dunia kedua. Pesawat ini adalah momok bagi Royal Air Force, angkatan udara kerajaan Inggris. Kecepatan super yang dimiliki Bf 109, tidak tertandingi oleh pesawat manapun selama Battle of Britain. Bf 109 juga merupakan peswat tempur pertama yang menggunakan retractable landing gear.
4. Supermarine Spitfire: Supermarine Spitfire adalah peswat yang menghantarkan pasukan sekutu memenangi perang dunia kedua. Peswat mungil dan cantik ini amat digemari oleh para pilot sekutu dalam berbagai pertempuran selama perang dunia kedua.
5. P-51 Mustang: Walaupun baru muncul diakhir perang dunia kedua, P-51 Mustang mampu membuktikan diri sebagai salah satu pesawat elit. Dilengkapi dengan mesin Rolls-Royce, membuat P-51 Mustang memiliki daya tempuh dan kecepatan yang tinggi. P-51 Mustang telah berhasil mendongkrak prestasi pilot-pilot Amerika jika dibandingkan dengan pesawat-pesawat lain.

6. F-86 Sabre: Berkat teknologi yang dicuri tentara Amerika dari Luftwaffe (angkatan udara Jerman), larhirlah sebuah pesawat tempur legendaris bernama F-86 Sabre. Peswat ini memiliki moncong berlubang yang mirip dengan moncong seekor hiu yang sedang menganga. Kemampuan membunuh peswat ini dibuktikan selama perang Korea.

7. MiG-21: Bagi sejumlah anggota angkatan bersenjata Amerika, pesawat ini adalah simbol komunisme dan perang dingin. Peswata super sonic miliki Uni Sovyet ini pertama kali beraksi dalam perang Vietnam. Peswat ini menjadi favorit bagi negara-negara blok timur karena biaya produksinya yang rendah.
8. F-18 Hornet: F-18 Hornet adalah peswat yang paling populer dalam berbagai film aksi ala Holywood. F-18 Hornet adalah peswat kesayangan angkatan udara dan laut Amerika Serikat sejak tahun 80-an. Para pilot menyukai ketangguhan dan kelincahan peswat ini.
9. Stealth Bomber: Stealth Bomber adalah pesawat siluman yang tidak dapat terdeteksi oleh radar. Peswat ini didesain untuk memantulkan gelombang radar dan menghancurkan target sebelum terdeteksi. Peswat ini telah berjasa menghantarkan Amerika memenangi sejumlah pertempuran di timur tengah.
10. UCAV: Peswat ini didesain sebagai peswat tempur masa depan. UCAV adalah singkatan Unmanned Combat Air Vehicles, peswat tempur tanpa awak. Dengan teknologi ini, diharapkan korban yang jatuh dalam suatu pertempuran dapat berkurang. Tanpa menggunakan pilot, biaya produksi peswat ini dapat ditekan, karena tidak memerlukan panel kontrol, kokpit, atau kanopi.
ARTIKEL TERKAIT:

8 comments:

Anonymous said...

gimana dengan pesawat
SR-71,
euro fighter typhoon
black bird
dll...

hardware kasir said...

keren2 pesawatnya, kapn ya indonesia bisa buat lagi...

best appetite suppressants said...

duh.. gak ngerti dengan jenis-jenis pesawat tersebut, tapi menarik aja untuk dibaca.
Mampir juga ya di blog saya di http://best-appetitesuppressants.tumblr.com/
Seputar kesehatan sih mengenai best appetite suppressants buat nurunin berat badan.

Yogi Marsahala said...

Pesawat Mustang yang paling dikenal

Yogi Marsahala said...

Pesawat Amerika dan Jepang paling dikenal, kunjungan balik ya ke blog saya www.goocap.com

Selimut said...

@Anonymous
pesawat legendaris gan, kalo Euro Fighter Typhoon kan blm lama ini diproduksi..

Dhanan Sarwo Utomo said...

@selimut, betul sekali, untuk pesawat-pesawat termutakhir dan tercanggih mudah-mudahan dalam waktu dekat saya bisa produksi postingannya

BELAJAR BAHASA said...

Pesawat Mustang Amerika dan Zero Jepang yang paling hebat

ShareThis