Sunday, May 4, 2008

Pola Makan Untuk Meningkatkan Kinerja Otak

Makanan adalah sumber nutrisi bagi tubuh, termasuk bagi otak manusia. Karena itu tidak heran jika makan yang kita konsumsi amat berpengaruh kepada kemampuan otak kita. Pengaruh nutrisi makanan tidak dapat dirasakan secara seketika tetapi harus dikonsumsi secara teratur baik untuk sarapan, makan siang dan makan malam. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi untuk meningkatkan kinerja otak manusia.

Makan Pagi
Makanan yang kita konsumsi pada pagi hari adalah makanan paling penting bagi tubuh kita. Makanan-makanan ini adalah sumber nutrisi pertama yang masuk ke tubuh kita, dan akan mempengaruhi kinerja organ-organ tubuh sepanjang hari. Pada makan pagi disarankan untuk mengkonsumsi, makanan yang rendah lemak misalnya buah-buahan. Berdasarkan penelitian, buah-buahan terbukti mampu meningkatkan kesigapan otak dalam berfikir. Selain kaya akan vitamin, buah-buahan juga merupakan sumber antioksidan yang dapat memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Namun harus diingat, bagi penderita maag hindari buah-buahan yang asam seperti, jeruk.

Kopi dan teh adalah minuman yang amat baik pada saat sarapan. Kafeine yang terdapat pada kedua minuman ini dapat meningkatkan konsentrasi berfikir, reaksi dan ketajaman otak. Kopi dan teh juga merupakan sumber antioksidan yang menunjang kekebalan tubuh. Berdasarkan sebuah riset yang dilaksanakan pada tahun 2002, kopi bahkan terbukti dapat menangkal penyakit Alzheimer dan kemunduran mental akibat penuaan.
Hindari makanan yang tinggi lemak dan kolesterol misalnya, daging, sosis, dan telur. Selain sulit dicerna, makanan-makanan ini dapat menghambat aliran darah ke otak.

Makan Siang
Saat makan siang disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya protein misalnya, ikan. Selain kaya akan protein, ikan juga mengandung asam amino tyrosine. Menurut para ahli, asam amino dapat memacu munculnya dopamine dan norepinephrine. Selain menjaga kinerja otak di siang hari, aktifnya dopamine juga dapat menghindarkan kita dari serangan penyakit parkinson.

Kacang-kacangan seperti kedelai, juga merupakan sumber protein yang amat baik dikonsumsi. Selain mengandung protein, kacang-kacangan juga lebih rendah lemak dibandingkan daging, dapat menurunkan kolesterol, dan kaya akan zat besi, mangan, fosfor dan zinc. Kedelai bahkan dapat mencegah timbulnya penyakit osteoporosis pada wanita.
Hindarkan makan nasi, mie, roti dan makanan yang manis pada siang hari. Makanan-makanan ini mengandung banyak gula yang dapat menurunkan respon otak manusia sehingga membuat kita mengantuk.

Makan Malam
Pada saat makan malam dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya karbohidrat seperti, kentang, mie cereal, oat, dan nasi. Karbohidrat dalam makanan akan berubah menjadi serotonin yang akan membuat otak menjadi lebih rileks. Otak yang rileks akan membuat tidur kita lebih nyenyak sehingga tubuh akan lebih segar esok hari.

Oat adalah pilihan yang terbaik untuk makan malam. Selain mengandung karbohidrat, makanan ini juga mampu menekan kadar kolesterol dan kaya akan serat yang membantu pencernaan.

Hindari makanan yang tinggi protein pada malam hari. Hindari juga minum minuman berenergi atau suplemen otak pada malam hari. Minuman berenergi pada umumnya mengandung kafein yang justru membuat otak kita sulit untuk beristirahat.

6 comments:

wa2n tips said...

bgus bnget artikelnya mas,q mw ngamalinnya ah,biar pinter.buat pengunjung blog ini yg mw berbisnis lewat blog CARANYA ADA DISINI

Anonymous said...

bagus bgt tips ny...
thnks ya...

Anonymous said...

bagus bgt tips ny...
thnks ya...

krigjsman said...

Thanks selamat mencoba tipsnya

yoko said...

Bagus bgt,lain kli muat byk2 artkl2 yg ky gni

Obat herbal penyakit asam urat said...

Postnya memberi masukan kepada saya, terimakasih

ShareThis