Thursday, June 11, 2015

10 Pelopor Bidang Astronomi Paling Terkemuka dalam Sejarah

Svenska: Eratosthenes
Author: Nordisk familjebok
Lisensi: Public Domain
Eratosthenes (276–194 SM) 

Ia adalah orang pertama yang mengukur keliling Bumi. Ia dilahirkan di Cyrene, yang sekarang merupakan salah satu wilayah di Libya. Ia mengukur sudut matahari pada siang hari di beberapa lokasi di Mesir untuk memperkirakan keliling Bumi. Perkiraannya terbukti sangat akurat, beberapa ilmuwan modern menyatakan bahwa tingkat kesalahannya hanya mencapai 2%.

Claudius Ptolemy (90 – 168) 

Ia menciptakan kalender benda-benda angkasa berdasarkan model geosentris. Walaupun dibuat berdasarkan model yang keliru, karya astronom Romawi-Yunani ini menjadi rujukan bagi para peneliti selama 12 abad.


Nicolaus Copernicus (1473–1543) 

Monumen Nicolaus Copernicus di depan
Polish Academy of Science Warsawa
Author: Szczebrzeszynsk
Lisensi: Public Domain
Ia adalah pencetus teori heliosentris. Semenjak masa Aristotle, teori tata surya yang diterima secara umum menyatakan bahwa bumi diam di tengah-tengah tata surya sementara, matahari dan planet-planet lain berevolusi mengelilinginya. Astronom Polandia ini secara revolusioner ementang pandangan ini, ia menyatakan bahwa matahari lah yang diam di pusat tata surya. 

Galileo Galilei (1564–1642) 

Ia adalah salah satu pendukung teori heliosentris, orang yang pertama kali mengamati bulan-bulan planet Jupiter dan membuat teleskop. Dukungan Galileo terhadap teori heliosentris yang diajukan oleh Copernicus membuatnya disidik oleh otoritas keagamaan pada tahun 1615. Akan tetapi sumbangsih astronom Italia ini tidak terbantahkan, termasuk membuat teleskop yang memungkinkan pengamatan yang jelas terhadap galaksi Milky Way (Bima Sakti) dan bulan-bulan planet Jupiter.  

Johannes Kepler (1571–1630) 

Ia berjasa dalam proses pengembangan teleskop refraksi dan memformulasikan hukum gerak planet yang dinamai hukum Kepler. Hukum ini menjelaskan bagaimana planet bergerak mengelilingi matahari, dan menentang teori geosentris yang diusulkan oleh  Aristotle dan Ptolemy. Astronom Jerman ini kelak memberikan banyak ispirasi kepada ilmuwan ternama lain seperti Isaac Newton. 

Charles Messier (1730–1817) 

Astronom Perancis ini adalah orang pertama yang mendaftar dan mengklasifikasikan secara sistematis berbagai benda angkasa dan kumpulan bintang. Sistem yang diusulkannya masih dipakai hingga saat ini untuk mengklasifikasikan berbagai benda angkasa.

William Herschel (1738–1822) 

Caroline Herschel saudarinya
membuat catatan kala William
pertama kali mengamati Uranus
13 Maret 1781

Author: Paul Fouché
Lisensi: Public Domain
Astronom ini dilahirkan di Jerman, akan tetapi ia pindah ke Inggris saat remaja. Namanya mengemuka setelah ia menemukan planet Uranus dan dua bulan terbesarnya yaitu Titania dan Oberon. Titania dan Oberon juga merupakan dua dari sepuluh satelit terbesar yang ada di tata surya kita. William Herschel jugalah  orang yang pertama kali mengamati adanya radiasi infra merah. Kini namanya diabadikan sebagai nama salah satu puncak tertinggi di galaksi Milky way

Annie Jump Cannon (1863–1941) 

Astronom Amerika ini terlibat dalam pembuatan Skema Klasifikasi Harvard. Skema ini mengorganisir dan mengurutkan bintang berdasarkan suhunya. Katalog yang dibuatnya berisi lebih dari 230,000 bintang.

Edwin Hubble (1889–1953) 

Foto Studio dari Edwin Hubble
Author: Johan Hagemeyer
Lisensi: Public Domain

Ia mengusulkan hukum Hubble yang menyatakan bahwa alam semesta selalu mengembang. Hukum ini menyatakan bahwa kecepatan gerak galaksi meningkat sebanding dengan jaraknya dari bumi. Astronom Amerika ini juga berupaya untuk mempelopori pembuktian bahwa terdapat galaksi-galaksi lain di luar Milky Way. 

George Gamow (1904–1968) 

Astronom yang dilahirkan di Odessa (Saat ini wilayah Ukraina) ini adalah salah satu pendukung awal teori big bang. Teori ini meyakini bahwa alam semesta tercipta dari suatu ledakan besar yang terjadi milayaran tahun lalu.

Daftar Pustaka

  • anonymous. (2014, August). Space Mountains, How Are The Biggest Peaks In The Galaxy Formed? How It Works, 63, 62-63.
  • anonymous. (2014, December). 10 Famous Astronomers. BBC Knowledge, 5, 35.
  • anonymous. (2014, December). The 10 Biggest Moons in Our Solar System. BBC Knowledge, 5, 33.

No comments:

ShareThis