Saturday, June 13, 2015

10 Temuan Kunci dalam Penelitian Evolusi

Berikut ini adalah capaian-capaian kunci  dalam penelitian mengenai evolusi dan pola hidup manusia purba. Manusia dalam artikel ini merujuk pada mahluk hidup yang berada dalam genus / marga Homo, dan tidak terbatas pada manusia modern (Homo Sapiens).

Temuan mahluk yang mampu menggenggam dengan kedua tangan

Fosil Orrorin tugenensis Hominid (mahluk mirip manusia) yang ditemukan di Kenya tahun 2000 tmemiliki ibu jari yang dapat menghadap telapak tangan dan mampu berjalan tegak. Fosil ini kira-kira berusia enam juta tahun dan merupakan fosil hominid tertua yang ditemukan hingga saat ini. Ibu jari yang mampu menghadap telapak tangan memungkinkan hominid untuk dapat menggenggam. 

Temuan mahluk yang tidak lagi hidup di atas pohon

Mahluk serupa manusia diperkirakan tidak lagi hidup di atas pohon sekitar 4.4 juta tahun yang lalu. Pada tahun 1994 ditemukan sebuah fosil yang diklasifikasikan sebagai Ardipithecus ramidus. Mahluk ini diperkirakan sudah hidup baik di atas maupun di bawah pohon.

Reproduksi Australopithecus
africanus

Author: Nachosan
Lisensi: Creative Commons
Attribution-Share Alike
3.0 Unported

Temuan mahluk yang berjalan dengan dua kaki

Pada tahun 1924 di Afrika Selatan ditemukan fosil Australopithecus africanus yang kemudian dinamai Taung Child. Mahluk yang hidup sekitar 2.8 juta tahun yang lalu ini diperkirakan sudah dapat berjalan dengan dua kaki, walaupun masih memiliki lengan yang berfungsi utama untuk memanjat.

Temuan mahluk yang mampu menggunakan perkakas

Hozbilis mahluk yang hidup sebelum manusia diduga sudah pandai menggunakan perkakas. Fosil mahluk ini ditemukan di Olduvai Gorge Tanzania tahun 1963. Mahluk yang hidup 2.3 - 1.4 juta tahun ini diperkirakan mampu menggunakan peralatan batu. Faktanya Homo habilis sendiri bermakna tukang.

Temuan mahluk yang mampu berjalan tegak 

Mahluk hidup sebelum manusia sudah ada yang dapat berjalan tegak. Fosil mahluk yang dinamai Australopithecus afarensis atau dikenal juga sebagai Lucy ini ditemukan di Ethiopia tahun 1974. Ia diperkirakan hidup 3.85 - 2.95 juta tahun yang lalu. Walaupun demikian ukuran otak mahluk ini belum menyamai manusia modern.

Kerangka dan restorasi Neanderthal
di National Museum of  Nature
and Science, Tokyo, Jepang
.
Author: Photaro
Lisensi: Creative Commons
Attribution-Share Alike 3.0
Unported license

Temuan mahluk yang mampu berperilaku simbolik

Homo neanderthalensis yang ditemukan di lembah Neander Jerman pada tahun 1856 merupakan mahluk yang telah memiliki perilaku simbolik. Selain menggunakan pakaian, mereka juga menciptakan ornamen dan memiliki tradisi untuk menguburkan sesamanya yang telah mati. Mereka hidup sekitar 3 juta - 50 ribu tahun yang lalu dan diperkirakan sempat hidup pada masa yang sama dengan manusia modern. 

Temuan adanya perkawinan antar spesies

Neanderthal Genome Project yang dimulai tahun 2006 menelaah genom dari mahluk berusia 1.3 juta tahun yang ditemukan di sebuah gua di Siberia. Analisis DNA menunjukkan bawa Neanderthal kemungkinan telah melakukan perkawinan silang dengan manusia modern.

Temuan mahluk yang mampu menciptakan perkakas batu

Perkakas batu diperkirakan sudah dipergunakan sejak 3.5 juta tahun yang lalu. Hal ini ditunjukkan oleh bekas sayatan perkakas batu pada sepotong tulang hewan yang ditemukan di Ethiopia tahun 2010. Usia tulang hawan ini jauh lebih tua dari usia manusia modern. Hal ini menunjukkan bahwa pencipta perkakas batu ini adalah mahluk sebelum manusia.

Model Homo erectus
di Bautzen-Kleinwelka

Author: Frank Vincentz
Lisensi: Creative Commons
Attribution-Share Alike
3.0 Unported

Temuan tentang jenis makanan manusia purba

Fosil Australopithecus sediba ditemukan pada tahun 2008 di Afrika Selatan. Fosil-fosil ini terdiri dari berbagai individu dengan usia yang berbeda. Hasil analisis terhadap sisa-sisa makanan pada gigi mahluk ini diharapkan dapat mengungkapkan jenis makanan yang dikonsumsi 2 juta tahun yang lalu.

Temuan tentang kemampuan memanfaatkan api

Homo erectus yang ditemukan di Jawa pada tahun 1891, merupakan mahluk yang memiliki ciri-ciri mirip manusia. Ia hidup kira-kira 1.8 juta - 1.4 juta tahun yang lalu. Mahluk ini diperkirakan sudah mampu menggunakan api.  

Daftar Pustaka

ANONYMOUS 2014. 10 Key Breaktrough in Human Evolution. BBC Knowledge. December ed.: BBC Magazines.

No comments:

ShareThis