Sunday, November 29, 2009

10 Hal yang harus kita waspadai mengenai Malware Infections

Laporan tengah tahunan terbaru mengenai Security Information Report (SIR) dari Microsoft telah dirilis. Laporan setebal 232 halaman ini memberikan peringatan dan beberapa fakta penting tentang computer security pribadi.

10. Jumlah Malware Infection di Dunia amat luar biasa
Menurut laporan Microsoft ini, dari semua komputer yang telah dikunjungi oleh Microsoft Malicious Software Removal Tool (MSRT) pada semester pertama tahun 2009, 8,7 dari 1.000 (kurang dari satu percent) terjangkit malware infection. Titik-titik rawan dari malware infection terdapat di Serbia dan Montenegro, di mana angka 97,2 per seribu, Turkey dengan 32,3, Brazil dengan 25,4, Spanyol dengan 21,6, Korea Selatan dengan 21,3, Arab Saudi dengan 20,8, dan Taiwan dengan 20,4. Computer terbersih dari malware infection terdapat di Finlandia dengan tingkat 1.9. USA 8,6 hampir sama dengan rata-rata global. Yang tidak disebutkan oleh laporan Microsoft adalah bahwa malware infection pada computer Apple Macintosh masih amat langka.

9. Worm, Spyware, Adware, Malware
Ada virus yang menggandakan diri dan menyebar ke computer lain, kadang-kadang hanya demi kepentingannya sendiri. Virus jenis ini disebut worm jika mereka melakukannya melalui e-mail atau instant messenger. Spyware yang mengawasi kegiatan Anda untuk tujuan Advertising. Adware yang memunculkan pop-up Advertisement. Malware, adalah software apapun Anda inginkan, terutama software yang didesain untuk niat jahat. Sebuah bug, dilain pihak, adalah software yang tidak berfungsi secara benar - dan mungkin lebih baik daripada malware.

8. Sumber-sumber Malware
Anda bisa mendapatkan infeksi dengan mengunjungi malicious Web site, atau dengan mengklik sebuah file attachment dalam e-mail spam, melalui file sharing P2P jaringan, dengan men-download apa yang Anda pikir merupakan software bebas (freeware), atau dengan menggunakan perangkat removable yang terinfeksi seperti USB memory stick. Serangan bisa datang melalui berbagai sumber di Internet.

7. Bahaya laten Trojan
Banyak trojan akan mendownload malware lainnya yang berakar di computer kita dan mulai melakukan hal-hal buruk. Ini termasuk password stealers dan keyloggers yang akan mencoba untuk mencuri informasi account Anda sehingga orang lain dapat menyikat uang Anda. Atau mereka dapat mengubah computer anda untuk botnet node, di bawah kendali dari bot herder, yang biasanya akan menggunakannya untuk memuntahkan spam. Kalu teman anda menerima e-mail yang aneh-aneh dari anda berarti computer anda sudah dijadikan botnet node.

6. Jenis-jenis serangan malware
Jika Anda akan mendapatkan infeksi, setidaknya dari AS. Kemungkinan disebabkan oleh semacam Trojan. Menurut SIR, 42 persen dari infeksi yang ditemukan MSRT merupakan Trojan. Adware juga besar sekitar 16,3 persen. Password stealers sebesar 4,1 persen. Di tempat lain, jenis infeksi bisa berbagai macam. Di Brazil, misalnya, password setalers ditujukan untuk menyerang password on-line banking. Spanyol dan Korea Selatan memiliki banyak kesamaan, tetapi keduanya menderita oleh worm yang menargetkan on-line gamers.

5. Kerentanan Operation System
Tidak semua operation system sama-sama rentan. Microsoft menunjukkan bahwa Windows XP versi un-patched memiliki tingkat infeksi sekitar 32,5 per seribu - sekitar empat kali rata-rata global. Windows XP Service Pack 3 (yang sepenuhnya di update) sub-rata-ratanya 8 untuk seribu. Windows Vista rata-ratanya 3,1 per seribu untuk versi 32-bit, dan 2 per seribu untuk 64 - bit version.

4. Manfaat Patching
Hacker memiliki reputasi lebih unggul dibanding vendor software, tetapi dalam kenyataannya mereka sering menggunakan vulnerabilities yang patch nya telah dikeluarkan. Microsoft suka menggunakan contoh dari "Reno" Trojan yang menyerang Vista, menyebabkan Windows Explorer menghasilkan trackable error reports. Setelah Microsoft mengeluarkan patch, laporan jatuh dari 1,2 juta laporan kesalahan sehari menjadi kurang dari 100.000 - dalam tiga hari.

3. Manfaat Update
Tingkat infeksi versi 64-bit akibat software biasanya sepertiga lebih rendah daripada tingkat infeksi pada versi 32-bit.

2. Malware bukanlah satu-satunya bahaya di Internet
Peningkatan Phishing - e-mail yang mencoba untuk menipu Anda agar mengungkapkan informasi yang dapat digunakan untuk pencurian ID atau penipuan lainnya. Para phisher kala ini mengincar anggota situs pertemanan social dan bahkan perusahaan besar.

1. Gunakan akal sehat
Software tidak dapat melindungi Anda terhadap wabah phishing - hanya akal sehat yang bisa menangkalnya. Jika anda menerima e-mail acak yang meminta informasi pribadi Anda karena jika tidak entah bagaimana rekening bank Anda, atau subscription game anda, atau hak istimewa computer perusahaan anda akan ditangguhkan, SEGERA HAPUS

1 comment:

haryoshi said...

nice info

visit me ok...
hehehe....

ShareThis