Tuesday, November 4, 2008

Otzi Sang Manusia Es Diduga Tewas Tanpa Keturunan

Foto jasad Otzi sang manusia es

Otzi
adalah nama yang diberikan pada mumi manusia prasejarah yang membeku di bawah timbunan es selama ribuan tahun. Penelitian terakhir terhadap tubuh Otzi mencuatkan dugaan bahwa Otzi mungkin mati tanpa meninggalkan keturunan.

Kelompok penelitian gabungan asal Italia dan Inggris yang melakukan pemeriksaan kode DNA terhadap tubuh Otzi menemukan garis genetika yang sangat langka. Bahkan, garis genetika tersebut mungkin telah terputus dan tidak ditemukan lagi pada manusia yang hidup saat ini.

Martin Richards dari Universitas Leeds Inggris menyatakan,"Hasil penelitian kami menunjukkan garis keturunan Otzi mungkin sudah punah.". Hasil penelitian ini dilaporkan dalam Journal Current Biology edisi terbaru.

Hasil analisa Martin Richards dan koleganya menemukan garis keturunan yang belum pernah ditemukan pada poulasi penduduk Eropa modern. Kesimpulan tersebut bertolak belakang dengan hasil penelitian sebelumnya yang mengklaim bahwa Otzi memiliki garis keturunan dengan sejumlah penduduk di Eropa.

Mumi Otzi ditemukan pada tahun 1991 di bawah lapisan es Pegunungan Alpen. Mumi Otzi yang dipekirakan berusia 5300 tahun ini terpelihara dengan baik dalam kondisi beku .

Sebuah mata panah ditemukan di lengan kanan Otzi. Temuan ini memunculkan dugaan bahwa, Otzi adalah seorang pemburu bukan semata-mata pendaki gunung yang mati kedinginan.

1 comment:

kamusarea said...

hm..mungkin masih berspekulasi yah...
masak mengambil kesimpulan dengan mudah hanya karena ada senjata pemburu berarti pemmburu....
kalo ada handphone berarti yang punya toko handphone dunkz

tapi aneh juga ya meneliti mumi untuk mengetahui sejarah manusia . belajar sih untuk perbaikan masa depan tapi misteri itu seperti mengungkap misteri kematian yang sangat sulit diungkap

ShareThis