Saturday, May 3, 2008

Dampak-dampak pemanasan global

Selain membuat suhu bumi makin panas, ternyata pemanasan global mendatangkan sejumlah dampak buruk lain misalnya:

1. Kebakaran hutan. Selain melelahkan es, pemanasan global juga membuat hutan menjadi lebih kering. hutan-hutan kering ini amat mudah terbakar.
2. Merusak peningggalan sejarah. Peninggalan sejarah yang telah berusia ratusan tahun kini terancam akibat perubahan iklim.
3. Pengikisan puncak pegunungan. Pegunungan tinggi seperti Alpen misalnya, kerap diselimuti oleh lapisan es. akibat pemanasan global, es menjadi amat mudah mencair. Aliran es ini kemudian mengikis permukaan pegunungan dan dapat mengakibatkan tanah longsor.
4. Mempercepat satelit. Satelit yang mengorbit bumi mengalami gesekan dengan atmosfir bagian atas. akibat bertambahnya jumlah karbon dioksida, atmosfor di bagian atas menjadi lebih dingin dan sulit bergerak. Hal ini mengakibatkan gesekan satelit menjadi berkurang dan mempercepat laju satelit.
5. Mengubah kode genetik mahluk hidup. akibat perubahan iklim, musim menjadi berubah. perubahan musim ini mengganggu siklus kehidupan mahluk hidup misalnya, siklus perkembang biakan hewan. Akibatnya jam internal mahluk hidup harus berubah. kode genetik ini mau tidak mau akan diteruskan pada keturunan selanjutnya.

No comments:

ShareThis