Friday, May 2, 2008

10 Inovasi Teknologi Bangsa Cina Kuno

Bangsa Cina kuno selain terkenal akan kebudayaannya, juga memiliki penemuan-penemuan yang spektakuler. Beberapa penuman mereka bahkan masih dipergunakan oleh manusia hingga masa kini. Berikut ini adalah beberapa penemuan bangsa Cina kuno yang masih dimanfaatkan oleh manusia hingga sekarang.

1.Uang Kertas


Uang kertas pertama kali diperkenalkan oleh bangsa Cina kuno kira-kita pada tahun 800 SM. Sebelum masa itu, manusia menggunakan logam mulia, batu bahkan kulit kerang sebagai alat tukar. Kini uang kertas telah dipergunakan di seluruh negara di dunia.

2.Pengaturan Tanaman


Tanaman pertama kali ditanam dalam bentuk alur pada abad keenam sebelum masehi. penyusunan ini memungkinkan tanaman untuk tumbuh lebih cepat dan lebih besar. Tanaman yang disusun membentuk garis lurus juga lebih tahan terhadap terpaan angin.

3.Teknik "deep drilling"


Teknik "deep drilling" untuk menambang gas, pertam kali diperkenalkan pada tahun 100 sebelum masehi. Alat pengebor gas yang dipergunakan kala itu terbilang memiliki ukuran yang luar biasa. Teknik ini bahkan masih dipergunakan hingga sekarang misalnya, di Amerika.

4.Kembang api


Kembang api pertama kali dipergunakan oleh bangsa Cina kuno sebagai hiburan. Namun kemudia, kembang api dimodifikasi untuk kepentingan militer. ledakan kembang api kala itu, dimanfaatkan untuk menurunkan keberanian tentara musuh.

5.Bubuk Mesiu


Bubuk mesiu pada awalnya tidak diciptakan untuk keperluan militer melainkan, sebagai ramuan awet muda yang dipercaya dapat membuat manusia hidup abadi. Namun, setelah bangsa Cina kuno menyadari bahwa bubuk mesiu dapat meledak, mesiupun mulai digunakan saat perang. Penggunaan mesiu membuat perang menjadi tidak terlalu mengerikan. Tahun penemuan mesiu tidak dapa ditentukan secara pasti namun, para ahli berasumsi bahwa mesiu ditemukan bersamaan dengan ditemukannya kembang api.

6.Alat penyembur api


Alat penyembur api pertama kali diciptakan pada babd kesepuluh sebelum masehi. Alat ini banyak dimanfaatkan hingga saat ini misalnya, untuk melelehkan metal, atau mengelupas lapisan cat mobil yang sudah kusam.

7.Parasut


Parasut digunakan oleh bangsa Cina kuno sejak abad kedua sebelum masehi. Alat ini sekarang telah dipergunakan untuk berbagai keperluan misalnya, untuk olah raga, hiburan dan untuk kepentingan militer.

8.Sirip Kemudi


Sirip kemudi berguna untuk mengendalikan arah kapal. sebelum diciptakannya sirip kemudi, arah kapal hanya dapat dikendalikan dengan menggunakan dayung. Penggunaan dayung tentu saja membutuhkan lebih banyak tenaga dan waktu. Sirip kemudi kini bahkan dipergunakan untuk mengendalikan arah pesawat terbang.

9.Gerobak dorong



Gerobak dorong pertama kali diciptakan pada abad pertama sebelum masehi. Alat ini dapat membantu manusia untuk mengangkut benda-benda berat misalnya, bahan bangunan atau makanan. Penggunaan alat ini memungkinkan bangsa Cina kuno untuk melaksanakan pembangunan dengan lebih cepat.

10.Kompas


Kompas adalah ciptaan bangsa cina yang paling banyak digunakan hingga saat ini. Alat penunjuk arah ini dipakai pada kapal, pesawat terbang, kendaraan darat bahkan pejalan kaki dan para pencinta alam.

2 comments:

Jasmine Flower said...

Hallo semuanya ,Kami menawarkan berbagai pilihan permainan online game dan Live game yaitu : Baccarat, BlackJack, Roulette, Sic Bo, Slot game , Taruhan Bola, Tembak ikan dan masih banyak lagi !!!!

Eiittt Nikmati bonus deposit pertama sebesar 25 %
Nb : Syarat dan ketentan berlaku

Ayo langsung kunjungi website kami di :
sukahoki88.com

TerryAchie90 said...

dengan modal kecil dapatkan keuntungan besar ratusan juta rupiah setiap hari dengan bergabung bersama situs resmi terpercaya MURAHQQ

ShareThis